Orang Genius Tak Selalu Berprestasi, Tapi…

Apa betul orang dengan IQ tinggi sudah pasti pintar? Ilmuwan Inggris berteori bahwa orang ber-IQ tinggi memang tidak akan selalu jadi ilmuwan penemu, peneliti hebat atau presiden, namun setidaknya mereka bisa memanajemen hidup dengan lebih baik.

Temuan ini berlawanan dengan studi yang pernah dilakukan di Amerika Serikat tahun 2007 yang mengatakan bahwa orang ber-IQ tinggi memiliki tingkat kesejahteraan yang sama dengan IQ rata-rata.

Supir Truk

Menurut studi yang dilakukan Aldo Rustichini beserta timnya dari University of Cambridge, orang dengan IQ tinggi mampu mengatur finansial lebih baik daripada yang IQ-nya rata-rata atau rendah. Mereka lakukan riset pada 1000 orang supir truk. DIlakkukan tes IQ, eksperimen sosial yan kompleks yang didesain untuk menguji keputusan ekonomi mereka. Supir truk dengan IQ tinggi cenderung lebih bagus dalam menilai risiko, memprediksi perilaku orang lain dan merencanakan masa depan.

‘Memiliki tingkat intelektual yang tinggi merupakan faktor tambahan yang bisa membantu seseorang memperbaiki kesempatan sehingga bisa menikmati keberhasilan ekonomi,” komentar Rustichini.
Selain itu orang dengan IQ tinggi juga lebih mampu mengevaluasi sejumlah pilihan kompleks atau mengambil keputusan saaat ada masalah.

Jadi, kesimpulannya, orang dengan IQ tinggi tidak akan selalu menjadi ilmuwan, peraih Nobel, juara kelas atau prestasi lain, namun tetap saja memiliki kelebihan dibanding yang IQ-nya biasa saja.

Diterjemahkan secara bebas dari LiveScience.com (reff: Merry Net Sains)

Leave a comment

Filed under KaTeESPe (Kiat Tentang Sekolah & Pembelajaran)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s